Widget edited by Putra Bontang

Sabtu, 19 September 2009

Stok Aman, Barang Kedaluwarsa Masih Beredar, Monitoring Sembako Jelang Lebaran

BONTANG - Pemkot Bontang mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai makanan kedaluwarsa yang tak layak konsumsi. Sebab, peredaran barang tersebut seringkali muncul di pasaran saat menjelang Lebaran.Apalagi setelah dilakukan monitoring ketersediaan stok dan harga sembako, menjelang Hari raya Idul Fitri 1430 H yang digelar pada (10/9) lalu, tim monitoring yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Drs Abd Muis P, dietemukan beberapa produk makanan yang telah kedaluwarsa, dan beberapa produk kosmetik tidak memiliki TIE (tanda izin edar).

Kepala Bagian Ekonomi Setda Bontang Riza Pahlevi SE juga mengimbau masyarakat, teliti sebelum membeli barang. Warga juga diminta tidak tergiur dengan bahan pangan yang dijual lebih murah dibandingkan dengan harga normal. “Segala kemungkinan dapat terjadi, bisa saja ada oknum pedagang yang memanfaatkan situasi seperti ini,” katanya.

“Temuan berupa beberapa produk makanan yang kedaluwarsa dan kemasannya yang telah rusak atau penyok, dan beberapa produk kosmetik tidak memiliki TIE, langsung ditarik oleh petugas dari Balai Besar POM Samarinda untuk dimusnahkan. Pedagangnya diberikan pembinaan untuk tidak lagi menjual produk-produk tersebut, serta diminta menandatangani berita acara penarikan produk barang-barang yang dijual,” ujar Rizal.

Lebih lanjut Riza Pahlevi mengingatkan kepada pedagang sembako, untuk tidak menjual barang dagangannya dengan harga yang tidak wajar dan membebani masyarakat. Apalagi menjelang Hari Raya Idulfitri 1430 H, karena saat ini ketersediaan stok sembako cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

”Kita harapkan distributor barang dan pedagang jangan memanfaatkan hari raya Idulfitri ini, untuk mengambil keuntungan besar dengan menaikkan harga barang dagangannya," imbaunya.

Untuk para konsumen, Riza menambahkan agar dapat lebih teliti lagi dan berhati-hati jika membeli produk-produk kosmetik maupun obat-obatan. ”Saya imbau para konsumen agar lebih memperhatikan expired date-nya, kemasannya. Untuk produk kosmetik dan obat-obatan, bahkan bisa menanyakan langsung kepada penjualnya apakah produk yang ditawarkannya aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, dan apakah terdaftar di Balai POM,”ungkapnya.

Dari hasil tim monitoring yang melibatkan Dinas Perindagkop dan UKM, Dinas Perikanan Kelautan dan Pertanian, Dinas Kesehatan, Kantor Satpol-PP, Bagian Ekonomi serta petugas Balai POM Samarinda di 3 pasar tradisional termasuk swalayan di Plasa Taman Bontang, ketersediaan stok sembako aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kondisi harga pun masih relatif stabil menjelang Hari Raya Idulfitri 1430 H.

“Namun untuk beberapa jenis komoditi ada yang memang mengalami kenaikan, seperti gula merek Gulaku, tepung terigu, margarin atau mentega. Untuk sayuran seperti kentang, wortel, kubis, tomat dan buncis, naik dibandingkan dengan harga rata-rata minggu lalu. Begitu pula kemungkinan akan ada kenaikan harga daging , baik daging sapi dan daging ayam potong pada H-3,” pungkasnya.
Sumber : Kaltimpost.web.id
Kamis, 17 September 2009 , 09:52:00

Komentar :

ada 0 komentar ke “Stok Aman, Barang Kedaluwarsa Masih Beredar, Monitoring Sembako Jelang Lebaran”

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Setiap Ada Keinginnan Pasti Ada Jalan, Maka Dari Itu trsLah Mengejar Impian Kamu dan Belajarlah Sampai Negri Cina.... :D

Jam Sekarang

PageRank Bookmark and Share

My Facebook

Pengikut

Total Pengunjung

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Putra Bontang