Widget edited by Putra Bontang

Sabtu, 19 September 2009

PLTMG Beroperasi Hari Ini, Penyesuaian Sistem Jaringan PLN, Uji Coba per Lima menit

BONTANG - Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG) Kanaan, dijadwalkan dapat beropearsi normal hari ini, (18/9). Dua mesin PLTMG yang masing-msaing berkapasitas 7 Megawatt (MW) masih terus diuji coba. Untuk penyesuaian mesin ke sistem jaringan PLN, mesin berteknologi Wartsila itu diuji dalam waktu per lima menit. Wawali Sjahid Daroini bersama Kepala PLN Cabang Abdul Kadir dan perwakilan dari PLN Wilayah Kaltim Ambara, menyaksikan langsung tahap uji coba PLTMG di Kanaan, Rabu (16/9).

“Gas sudah masuk ke engine dan sudah runing. Tapi karena mesin ini baru, jadi masih perlu penyesuaian. Masih perlu kalibrasi, seperti tuning, pengapian, injection dan lainnya. Ya ibarat mobil baru, perlu test drive dulu. Dulu saat pabrikasi sudah pernah dites dan dua mesin bisa langsung match. Cuma, ‘kan gas yang ada di luar negeri, karakteristiknya beda dengan gas yang masuk ke PLTMG. Sehingga, membutuhkan kalibrasi,” kata Sjahid Daroini di ruang kontrol PLTMG Kanaan.


Sjahid berharap, kalibrasi PLTMG sudah bisa selesai pada tanggal 18 September 2009, sehingga listrik dari PLTMG Kanaan yang telah melalui proses perjuangan yang cukup panjang dan berliku itu, bisa dinikmati masyarakat saat lebaran nantii.

“Kita berharap tanggal 18 September nanti, bisa normal dan listrik PLTMG sudah bisa dinikmati masyarakat. Sesuai dengan komitmen antara pemasok gas dan PLN, kita akan terus memonitor perkembangan PLTMG. Kami berterima kasih kepada pemasok gas Total, Inpex, dan Pertagas yang telah membantu menyalurkan gas ke PLTMG. Sekarang, kita tinggal tunggu PLN untuk operasional PLTMG,” lanjut Sjahid seraya berjanji untuk kembali mengecek PLTMG pada 18 September nanti, (hari ini, Red).

Saat awal tahap uji coba, mesin PLTMG dimatikan tiap lima menit. “Wartsila telah bekerja sejak pukul 07.00-22.00 wita, untuk melakukan kalibrasi mesin agar bisa menyalurkan listrik ke sistem PLN. Namun karena belum mendapatkan kalibrasi yang pas, setiap lima menit masin harus dimatikan. Mereka uji coba per lima menit agar pas. Kalau tidak dapat, dimatikan lagi,” kata Abdul Kadir.

Dijelaskan Abdul Kadir, PLN akan berupaya memasukkan satu mesin PLTMG yang sudah berhasil dikalibrsai ke sistem jaringan listrik PLN.

“Satu mesin sudah bisa beroperasi. Kami akan berupaya memanfaatkan mesin PLTMG yang sudah berhasil dikalibrasi ke sistem jaringan PLN. Kami upayakan lebih cepat, karena ini juga merupakan kebutuhan PLN. Kami akan tes sambungan ke jaringan dengan satu mesin dulu. Ini memungkinkan dilakukan,” katanya.
Sumber : Kaltimpost.web.id
Jum'at, 18 September 2009 , 10:48:00

Komentar :

ada 0 komentar ke “PLTMG Beroperasi Hari Ini, Penyesuaian Sistem Jaringan PLN, Uji Coba per Lima menit”

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Setiap Ada Keinginnan Pasti Ada Jalan, Maka Dari Itu trsLah Mengejar Impian Kamu dan Belajarlah Sampai Negri Cina.... :D

Jam Sekarang

PageRank Bookmark and Share

My Facebook

Pengikut

Total Pengunjung

free counters
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Putra Bontang