HOTEL dan restoran merupakan usaha jasa sarana yang menunjang pariwisata di suatu daerah. Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bontang mengadakan Pelatihan Pelayanan Hotel dan Restoran di Hotel Raodah tanggal 2-4 Juli 2009.
Pelatihan itu diikuti sekitar 50 peserta dari pegawai/karyawan hotel, khususnya yang berada di lingkungan perhotelan dan restoran Kota Bontang.
Menurut Kepala Dinas Disbudpar Kota Bontang M. Dahyar, pelatihan ini bertujuan agar peserta lebih memahami dan mengerti mengenai Hygiene and Sanitation System serta mekanisme pelayanan hotel yang Baik, Ramah dan Mengesankan.
Terkait hal ini, Wali Kota Bontang Sofyan Hasdam dalam sambutannya mengimbau para pengelola hotel dan restoran untuk bisa memperbaiki diri dalam segala hal. Hal ini tentu saja harus dilakukan jika tidak ingin kalah bersaing dengan kompetitor yang lebih maju, maka sangat penting bagi setiap hotel untuk mempunyai keunggulan yang kompetitif. Salah satunya adalah memberikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.
“Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, besar harapan saya dapat meningkatkan SDM para pelaku maupun pelayan hotel. Selain itu, pengelola hotel hendaknya bisa menumbuhkan kemandirian dan profesionalisme pelayanannya, sehingga mampu bersaing secara sehat sesama pengelola hotel,” ujar Sofyan Hasdam yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Sekkot Adi Darma.
Sumber : Kaltimpost.web.id
Komentar :
Posting Komentar